Alasan Ibu Hamil Dilarang Makan Nanas

Bromelain yang terkandung dalam nanas
bila dikonsumsi berlebihan bisa memicu kontraksi dini
bahkan keguguran.
Salah satu buah yang harus dibatasi bahkan tidak boleh dikonsumsi selama seorang perempuan hamil adalah nanas.

Sejak dahulu kala, banyak orang percaya bahwa mengonsumsi nanas selama kehamilan dapat berdampak negatif.

Keyakinan ini ternyata telah dibuktikan melalui berbagai hasil penelitian.

Sebenarnya, apa yang menjadi penyebab nanas harus dibatasi bahkan dilarang dimakan selama perempuan menjalani masa kehamilannya. Berikut beberapa alasannya:

Kontraksi Dini
Bulan pertama kehamilan harus dipantau dengan baik dan ibu hamil (bumil) tidak boleh makan nanas atau jus nanas minum berlebihan. Ini dikarenakan buah ini mengandung bromelain, senyawa yang melemahkan serviks (leher rahim). Sehingga konsumsi berlebihan akan memicu kontraksi awal.

Bromelain sendiri merupakan ekstrak yang berasal dari batang nanas, meskipun ada di semua bagian dari tanaman dan buah segar, yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebagai suplemen, bromelain diperkirakan memiliki efek anti-inflamasi (peradangan). Tak hanya itu, senyawa ini juga mengandung zat kimia yang, menurut penelitian laboratorium, mungkin mengganggu pertumbuhan sel tumor dan pembekuan darah yang lambat. Sebagai bahan kuliner Bromelain juga digunakan terutama sebagai pelunak daging.

Keguguran
Untuk nanas muda, terutama yang kulitnya berwarna hijau, mengandung banyak bromelain di dalamnya dan tidak hanya menyebabkan leher rahim yang lemah, tetapi juga keguguran. Oleh karena itu, perempuan yang memasuki awal kehamilan harus membatasi bahkan menghindari sama sekali konsumsi nanas muda.

Masalah Lain
Makan nanas terlalu banyak juga dapat menyebabkan diare dan penyakit maag. Ini dikarenakan kandungan asam dari buah tropis ini memang cukup mengganggu untuk lambung yang sensitif. Bumil yang menderita gastritis jelas tidak dianjurkan mengonsumsi buah ini, selain untuk kesehatannya sendiri, juga untuk menjaga kondisi janin.

Meskipun nanas mengandung banyak vitamin C dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh, disarankan bahwa bumil dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya dalam jumlah besar.

Untuk memastikan apakah seorang bumil boleh mengonsumsi nanas atau tidak, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Sumber: beritasatu.com


Salam, Aisyah
Blog, Updated at: 19.11

2 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

bicaralah yang baik,atau lebih baik diam.

Propellerads
Menu :