GIZI DAN MAKANAN UNTUK IBU HAMIL-1

Sebelumnya, baca dulu cerita ini. hehe.. Pas lagi BT dengerin ceramah dosen tiba2 hape bergetar. Wah ternyata kakak di rumah yang sms, isinya hari minggu ais suruh pulang kampung bantu-bantu kaka. Wah tumben-tumbenan nih, ada apa gerangan yah?
Hari jum'at pun tiba, karena sabtu minggu kuliah libur ahirnya aku pulang jum'at sore. Sampai di rumah malem, karena cape langung deh menuju kasur empuk yang dah seminggu aku tinggalin. Sabtu pagi diajak bibi kepasar, blanja ini itu banyak banget. Jadi inget pesen kaka kemaren, ada apa sih sebenernya? Or jangan-jangan aku mau di jodohin kali ah..hahaha?

Ternyata aku disuruh pulang dan semua belanjaan tadi untuk acara selamatan empat bulan kandungan kaka ipar,, waahh berati beberapa bulan lagi aku mau jadi tante donk,,hehehe (kesannya tua amat,tante..hix.)
Nah dari situlah ahirnya terbersit pikiran aku untuk cari tahu tentang kebutuhan gizi atau makanan buat ibu hamil. Secara aku kan calon tante (hix,,lagi lagi tante..) yang baik.

Dari hasil pencarian, ais dapatkan kesimpulan seperti ini:

Bahwa hidup bayi sangatlah bergantung dari wanita yang mengandungnya, maka sang ibu harus memperhatikan asupan untuk dirinya, baik secara fisik,psikis ataupun spiritualnya.

Ada 3 gizi utama yang diperlukan ketika sedang mengandung calon bayinya,yaitu:
1. Gizi Fisik
2. Gizi Jiwa
3. Gizi Spiritual

Sekarang akan saya jelaskan sedikit mengenai gizi-gizi tersebut..(ciee,,,gaya nya dah kyk profesor aj nih....)

1. Gizi Fisik

Selama mengandung wanita memerlukan makanan tambahan 50% lebih besar dari biasanya, terutama zat putih telur, zat kapur fosfor, zat besi dan vitamin-vitamin lainnya.
Jumlah protein yang diperlukan terdiri dari 1/3 protein hewani dan 2/3 protein nabati.

Sumber protein hewan terbaik adalah susu, daging, ikan dan telur. Sedangkan dari tumbuhan adalah kacang, tempe, tahu.
Bila ibu hamil kekurangan zat putih telur akan menyebabkan penyakit anemia (kurang darah). Jika janin kekurangan protein maka janin akan mengambil dari tubuh ibu.
Zat kapur per hari yang diperlukan untuk wanita hamil adalah 75 miligram per kilogram berat badan.
Zat besi yang dibutuhkan setiap wanita hamil adalah sekitar 15mg sehari, yang terpenting adalah mineral.
Kebutuhan zat hidrat arang juga harus diperhatikan, melalui makanan yang dimakan. Sebaikanya perbanyak makan telur, daging dan susu.

Jadi, idealnya seorang wanita/ibu hamil setiap harinya mengkonsumsi makanan sebagai berikut:
- Susu 2 gelas
- Sepotong daging (125gr)
- Telur (1-2 butir)
- Buah-buahan spt jeruk,pepaya,pisang.
- Sayuran berwarna hijau (yang alami pastinya). Semakin tua warnanya semakin bagus, karena vitamin A nya juga lebih banyak.
- Nasi secukupnya.

Nah jika kebutuhan gizi tidak terpenuhi bisa mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti:
kematian ibu, keracunan hamil toksemia, keguguran, bayi lahir mati, berat badan bayi lahir terlalu rendah, dsb.. itu kata dokter E. Oswari DPH.

Nah jadi penting sekali nih buat ibu-ibu hamil untuk memperhatikan kebutuhan gizi diri dan bayinya. Gak cuman ibu-ibu, bapak-bapak/suaminya juga mesti bantu kebutuhan gizi ibu. caranya ya mengingatkan,menyediakan mknn bergizi, dsb.. okeh..?

Nah sementara cukup sekian dulu, mudah mudahan bermanfaat.
Untuk penjelasan mengenai
2. Gizi Jiwa
3. Gizi Spiritual
ais posting di episode berikutnya (kayak sinetron ajah...).
GIZI DAN MAKANAN UNTUK IBU HAMIL-2
GIZI DAN MAKANAN UNTUK IBU HAMIL-3

Image Hosted by ImageShack.us
.:: MAKSAIH DAH DIBACA.. KAPAN-KAPAN MAEN LAGI YACH..!! ::.
Blog, Updated at: 17.42

0 komentar:

Posting Komentar

bicaralah yang baik,atau lebih baik diam.

Menu :