FUNGSI KERIKIL PADA REL KERETA


Siapa yang tidak tahu rel kereta api? Sebuah jalan yang hanya diperuntukkan bagi lewatnya alat transportasi darat terpanjang, yaitu kereta api. Berbeda dengan jalan-jalan lain di darat, rel kereta terbuat dari besi baja anti penyok (ya iya lah,,heheh..).
Tapi apakah anda menyadari, atau adakah timbul pertanyaan kenapa kok di jalan kereta api terdapat banyak krikil? Jawabannya ada di sini.
Kerikil-kerikil pada rel kereta api bukan tanpa sengaja ada di situ, tetapi memang sengaja di letakkan di sepanjang rel kereta api karena memiliki beberapa fungsi, yaitu:

1. sebagai bantalan pemberat. Dengan adanya lapisan batu kerikil ini rel dapat tetap berdiri dengan stabil. Sehingga kereta api yang berjalan di atasnya pun dapat berjalan dengan baik.

2. Batu kerikil ini juga berfungsi untuk menyerap getaran (shock absorber) yang terjadi ketika kereta api tengah lewat. Sehingga goncangan yang terjadi ketika kereta api melintas dapat dikurangi. Dan rel kereta api pun tidak cepat rusak dan dapat digunakan untuk waktu yang lama.

3. Fungsi berikutnya yaitu untuk menahan dan memperlancar aliran air di saat hujan. Fungsi ini berperan untuk mencegah terjadinya pengikisan tanah atau erosi pada tanah di sekitar rel kereta api. Dimana bila hal ini terjadi maka dapat menyebabkan kecelakaan serius bagi kereta yang melintas seperti kereta anjlok dan yang lainnya.

4. batu kerikil juga berfungsi untuk menghambat tumbuhnya rerumputan di sekitar rel. Tumbuhnya rerumputan di sekitar rel dapat dapat secara langsung maupun tidak langsung menyebabkan penggemburan tanah di bawahnya. Hal ini tentunya dapat membahayakan karena jika tanah di bawah rel tidak stabil maka akan dapat membahayakan perjalanan kereta api.

Hmmmm,, ternyata penting juga fungsinya. Dulu kirain cuman buat bagus-bagusan ajah, kayak di taman atau halaman rumah dikasih kerikil-kerikil biar bagus.. hehehehe..

Oh ya, ais kasih himbauan nih buat temen-temen dan pembaca semua ketika melintasi perlintasan kereta api, terutama kalo pake motor.
- pertama, pelan-pelan saja (kayak lagunya kotak,,hehehe). Hati-hati mbok kepleset karena banyak kerikilnya, atau juga karena besinya licin.
- kedua, jangan pernah menerobos palang pintu perlintasan kereta api ketika ada kereta mau lewat, tar ketabrak.
- ketiga, tengok kanan kiri atas bawah depan belakang (hehehe kebanyakan yach) ketika akan melintasi rel kereta api, terutama yang tidak ada palang pintunya.
- terahir, jangan mengendarai motor menelusuri/lewat tengah-tengah rel kereta api yach.. hehehe..

Image Hosted by ImageShack.us
.:: MAKSAIH DAH DIBACA.. KAPAN-KAPAN MAEN LAGI YACH..!! ::.
Blog, Updated at: 14.49

7 komentar:

  1. masuk akal hehehe :D

    BalasHapus
  2. Menarik ni..., info mantab...

    BalasHapus
  3. Kalau batu koralnya diganti batu permata, bisa lebih bagus kali yaa.....

    BalasHapus
  4. Tulisan yang dapat memberi serta menambah wawasan kami, kami sering melewati jalan kereta api tetapi kami jarang bertanya atau ingin tahu kenapa digunakan kerikil di jalan kereta api. Terimakasih!

    BalasHapus

bicaralah yang baik,atau lebih baik diam.

Menu :