PENYEBAB SARIAWAN

Mungkin sebagian besar orang pernah merasakan yang namanya sariawan. Sariawan, penyakit/sakit yang sepele tapi bikin jengkel.
Secara kalo lagi sariawan susah ngomong,, susah makan, bawaannya marah mulu.. hehehe.
Tapi walaupun sepele, jangan disepelekan.. Siapa sih yang kepengin sariawan terus terusan?

Nah, makanya kita harus tau apa saja yang bisa menyebabkan sariawan. agar kita bisa mencegah terjadinya sariawan pada mulut manis kita,,, cieeeee...

Banyak orang yang mengatakan bahwa sariawan disebabkan oleh kurangnya vitamin, terutama vit. C. Yups, memang benar kalau kita kekurangan vitamin c kita akan mudah terkena sariawan.
Tapi ada juga faktor lain yang menyebabkan terjadinya sariawan yaitu faktor lokal atau sistemik.

Faktor lokal misalnya bisa saja mengenai kebersihan rongga mulut anda selama ini, seperti gigi berlubang, karang gigi, pemakaian gigi palsu atau cara anda menyikat gigi hingga menyebabkan luka. Penyebab lainnya bisa saja bisa akibat dari penyakit pada saluran pencernaan yang dikenal dengan Gastro Esofageal Reflux Disease atau GERD yang merupakan salah satu dari variasi penyakit pada saluran pencernaan dimana asam lambung bisa mengalir kembali ke atas ke arah kerongkongan dan bisa mencapai rongga mulut.

Lalu penyakit hidung seperti polip, sinusitis dan rhinitis alergika bisa juga menyebabkan sariawan karena adanya droplet/tetesan cairan/lendir dari rongga hidung ke rongga mulut. Bahkan, merokok hingga meminum dan memakan makanan tertentu bisa saja mengakibatkan sariawan.

Selama ini, yang umum menyebabkan sariawan pada populasi penduduk adalah alkohol, softdrink, kopi dan teh, atau makanan dan minuman lainnya di mana seharusnya pasien bisa mengenali sendiri tentang makanan/minuman yang memicu sariawan, karena jika mengkonsumsi makanan/minuman tersebut maka sariawan akan timbul. Meminum atau memakan makanan yang terlalu dingin atau panas pun bisa menimbulkan sariawan.

Penyebab lainnya adalah infeksi, pada umumnya infeksi yang terjadi adalah dari infeksi jamur akibat pemakaian antibiotika lama yang spektrum kerjanya luas sehingga membunuh flora normal di mulut. Di mana sebagai akibatnya, terjadilah gangguan keseimbangan flora normal rongga mulut sehingga bisa berakibat tumbuhnya kuman patogen lainya dan sariawan merupakan salah satu tampilan klinisnya. Sariawan juga bisa terjadi pada pasien pasca radiasi atau kemoterapi yang dijalani pasien-pasien kanker.

Sedangkan faktor sistemik biasanya ditemukan karena otoimun atau imunocompromized (penurunan sistem imun) seperti lupus, stomatitis apthousa, HIV, dll. Faktor lainnya, ternyata sariawan juga bisa disebabkan oleh faktor psikologis seseorang.

Trus luka juga bisa jadi penyebab sariawan loh. Pengalaman ais waktu makan bibirnya kegigit, eh malah jadi sariawan..

Jadi banyak sekali yang bisa menimbulkan sariawan. Makanya kita kudu selalu menjaga agar terhindar dari sariawan dengan mengkonsumsi makanan bervitamin serta menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan sariawan timbul. Okeh...??!!

s: kompas.com

Image Hosted by ImageShack.us
.:: MAKSAIH DAH DIBACA.. KAPAN-KAPAN MAEN LAGI YACH..!! ::.
Blog, Updated at: 09.47

2 komentar:

  1. baru tau kalo bibir kegigit bisa jadi sariawan.
    kalo bibir digigit orang laen, sariawan juga ga ya?

    BalasHapus
  2. emng ad orng ggit bibir orng laen? kanibal kale,,, hehehe

    BalasHapus

bicaralah yang baik,atau lebih baik diam.

Menu :