Potensi Gempa Dahsyat 8,8 SR di Sumbar

LIPI: Potensi Gempa Dahsyat 8,8 SR di Sumbar
Kekuatan gempa tersebut adalah 30 kali lipat lebih besar dibandingkan di Padang.

VIVAnews - Pakar gempa dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengingatkan ada potensi gempa jauh lebih besar dibandingkan gempa yang terjadi di Padang Pariaman, Sumatera Barat.

"Kekuatan gempa tersebut sebesar 8,8 SR dengan energi 30 kali lipat lebih besar dibandingkan di Padang dengan skala 7,6 SR," kata Dr Danny Hilman Natawidjaya, pakar gempa LIPI dalam penjelasannya kepada VIVAnews di Jakarta, Jumat 2 Oktober 2009.

"Posisi pusat gempa berada di segmen Mentawai, Sumatera Barat," katanya. Sedangkan, gempa yang terjadi di Padang tidak mengurangi potensi pelepasan energi di segmen Mentawai, justru memicu pelepasan energi lebih cepat.

Dia mengatakan Tim Peneliti gempa dari LabEarth LIPI dan Tim Prof. Kerry Sieh dari Earth Observatory of Singapore, NTU sudah mulai meneliti sumber-sumber gempa bumi di Sumatra sejak tahun 1990 sehingga karakteristik kegempaan di Sumatera sudah cukup diketahui.

Menurut dia, dari penelitian itu dapat direkonstruksi siklus gempa besar di (zona subduksi) Mentawai sejak 100 tahun lalu yang menurut rekonstruksi siklus tersebut periode ulangnya sekitar 200 tahunan.

Perioda gempa-gempa besar terakhir terjadi tahun 1797 dan 1833. Menariknya, kata dia, pelepasan akumulasi tektonik di akhir siklus gempa tersebut hampir selalu berupa kejadian gempa besar lebih dari satu kali.

Nah sejak gempa besar kembar tahun 1797 & 1833 tersebut status “zona subduksi (atau biasa disebut juga sebagai “megathrust”) dari segmen Mentawai sudah berada di siklus akhir. Gempa megathrust yang terjadi pada September 2007 bisa dianggap sebagai permulaan periode pelepasan tekanan tektonik tersebut.

"Dari hasil kalkulasi kami gempa 2007 tersebut hanya melepaskan tidak lebih dari 1/3 jumlah energi tekanan tektonik yang terakumulasi di Mentawai," kata dia.

Artinya, dia mengingatkan masih ada sekitar 2/3 energi lagi yang tersimpan. Apabila 2/3 ini dilepaskan sekaligus maka bisa menghasilkan gempa dengan kekuatan sampai 8,8 SR.

sumber: http://nasional.vivanews.com/news/read/93931-lipi__potensi_gempa_dahsyat_8_8_sr_di_sumbar




.:: MAKSAIH DAH DIBACA.. KAPAN-KAPAN MAEN LAGI YACH..!! ::.



Blog, Updated at: 19.46

6 komentar:

  1. Mudah-mudahan tidak terjadi...........

    BalasHapus
  2. banyak berdoa...

    semua adalah yang terbaik..
    salam hangat berkunjung malam2.....

    BalasHapus
  3. Bangsa kita kembali bersedih. Saatnya kembali introspeksi di bulan syawal ini. Allah maha pengampun.
    .
    Salam kenal Mb Aisyah.
    .
    Edwin

    BalasHapus
  4. Hmmm perasaan udah pernah deh aku komment disini, kemana ya?

    BalasHapus
  5. Baca prediksi gempa disitusnya BMG....
    Pulau jawa rawan gempa setelah padang dgn prediksi juga diatas 8 SR.
    Moga aja gak terjadi

    BalasHapus
  6. Sungguh Indonesia memang kaya...
    Allah swt., sudah sering menunjukkan kekayaan tersebut dengan banyaknya minyak, suburnya tanah dan kayanya kebudayaan. Tinggal kita yang menempatinya bisa bersyukur atau tidak.

    BalasHapus

bicaralah yang baik,atau lebih baik diam.

Menu :