UU LANTAS YG SERING DILANGGAR


Jika berbicara masalah lalu lintas, rasanya tidak perlu dijelaskan lagi apa itu lalu lintas? karena semua orang pasti setiap hari berhubungan dengan yang namanya lalu lintas.
Karena lalu lintas itu sangat penting dan vital bagi kehidupan masyarakat, maka perlu adanya penertiban guna mendukung kelancaran lalu lintas serta menghindari segala sesuatu yang tidak diinginkan seperti kecelakaan,dsb.
Nah salah satu alat/caranya yaitu dengan adanya undang undang yang mengatur lalu lintas. Akan tetapi, yang namanya manusia, ada saja yang tidak mentaati/melanggar lalu lintas bahkan aparat penegak hukum.. (aparat juga manusia,,hehehe..)
Berikut ini beberapa peraturan/tata tertib/ Undang Undang Ketertiban Lalu lintas yang paling sering dilanggar (berdasarkan sepengetahuan dan pengamatan saya), diantaranya:

1. Menerobos Lampu Merah
Sering kali ketika saya sedang sante (walo kadang kesel) nunggu nyalanya lampu hijau traffic light, tiba-tiba,,,,wussszzz... ada aj orang naek kendaran terutama motor yang nrobos lampu merah seenaknya.
ntar kalo ketilang baru no tau rasa,, eh tapi banyak per-3-an/per-4-an ber lampu merah kuning ijo yang gak dijaga aparat tuh,,,... xixixixi..

2. Ngebut di Jalanan.
Nah ni yang sering bikin kaget.. lagi enak-enaknya naek motor tiba-tiba da yang nyalip, mana nyalipnya mepet-mepet lagi.. seenaknya aja,, emangnya jalan punya nenek lo pa?? hehe..
ne yg suka ngebut biasanya bus/angkutan umun n cwo yg sok balap.. (pgn nyaingin rosi kale..)

3. Pasal 280 (tentang Plat Nomor)
yang bunyinya "Setiap orang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan tidak memasang plat nomor maka akan dapat dikenakan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah)"
Nah tapi kadang saya sering lihat motor tanpa plat nomor mondar mandir di jalan. Ada juga plat nomor, tapi yang tertulis bukan nomor kendaraan tapi TEST, NJAJAL, NYOBI,dsb.. yg kyk gt gmn y?

4. Pasal 281 (tentang SIM)
bunyinya "Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan tidak memiliki SIM maka akan dapat dikenakan pidana kurungan paling lama 4 (empat) bulan atau denda paling banyak Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah)"
Kalau baca UU yg ini rasanya kok jd gmn gt sama polantas, cos sering nangkepin orang yang gak bawa SIM padahal punya SIM.. kan UUnya berbunyi ...tidak memiliki SIM... bukan tidak membawa ya..? hmmm,,,

5. Pasal 291 ayat 1 (tentang helm SNI)
berbunyi "Setiap orang yang mengemudikan sepeda motor tidak mengenakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) maka dapat dikenakan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah)."
hmm,,ini kn tujuannya sebenernya buat melindungi si pengemudi juga, kenapa pada gak pake helm standar ya? Lagian juga, masa bisa beli motor gak bisa beli helm standar..?

6. Pasal 293 ayat 2 (tentang lampu kendaraan)
berbunyi "Setiap orang yang mengemudikan sepeda motor di jalan dan tidak menyalakan lampu utama pada siang hari (light on) maka dapat dikenakan pidana kurungan paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah)
Apa susahnya sih nyalain lampu? ckckck..

Dan masih banyak lagi pelanggaran-pelanggaran lalu lintas lain yang bikin gak tertib, bikin gak aman, pokoknya bikin semua gak baik deh baik buat diri sendiri maupun orang lain..
Seperti mau belok kagak ngriting, lampu rem kagak nyala, dll..

pesen saya, pokoknya patuhi rambu-rambu lalu lintas deh,, semua juga untuk ketertiban n keselamatan kita dan juga orang lain.. otreee..!!!

ne ais tambahin kata2/poster yang sering ais temuin di jalan:
"Ingat, keluarga menanti di rumah"
"Utamakan selamat"
"Ngebut benjut"
dll...


semoga bermanfaat.
Blog, Updated at: 19.08

3 komentar:

  1. Betul itu Ais...
    Aku paling sebel kalau ada konvoi yg arogan pengen menguasai jalan. mentang2 temennya banyak dia gak takut ngelanggar rambu walaupun disitu ada aparat yg menjaga...

    BalasHapus
  2. Saat ini ada lagi yang paling banyak dilanggar... Itu... mainan hp sambil pegang kemudi motor/mobil. Busyeettt..pengen gue gebukin rasanya. Kasian orang lain yg sdh extra hati2 harus menanggung rugi karena orang2 ini...

    BalasHapus
  3. @pemancing: ho oh,,,, nyebelind bgt....
    @blitar: iy btul bgt tuh,,,

    BalasHapus

bicaralah yang baik,atau lebih baik diam.

Menu :